Thursday 6 March 2014

Desain Ruangan Laboratorium LIngkungan

Ditulis Oleh : cak war | Anwar Hadi



Design dan lay-out yang kurang tepat serta fasilitas laboratorium yang kurang dipelihara akan dapat mengurangi mutu data hasil pengujian parameter kualitas lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, serta moralitas personil laboratorium. Sebaliknya pemeliharaan kondisi akomodasi dan lingkungan yang baik, selain untuk mencapai keabsahan mutu data hasil pengujian juga dapat melindungi personil laboratorium dari bahaya bahan kimia, kebakaran, serta bahaya lain yang timbul.

Hal lain yang harus diperhatikan terhadap kondisi akomodasi dan lingkungan laboratorium adalah harus ada pemisah yang efektif antar ruangan yang berdampingan bila ada kegiatan lain yang saling tidak sesuai. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kontaminasi silang atau ganggungan dari kegiatan ruangan lain. Gambar 1 memberikan ilustrasi pemisahan yang efektif antar ruangan untuk laboratorium lingkungan. Sedangkan Gambar 2 memberikan ilustrasi jarak minimum antar meja kerja dan kebutuhan minimum laboratorium pengujian kualitas air, sebagaimana dicontohkan pada Tabel 1.

 
Gambar 1: Pemisah efektif antar ruang laboratorium lingkungan

Sedangkan jarak minimum antar meja kerja harus dipertimbangkan untuk kenyamanan dalam melakukan kegiatan laboratorium. Posisi meja kerja sedapat mungkin tidak mengganggu kegiatan personel lain.
sumber: AS/NNZS 2982.1: 1997     
Gambar 2: Jarak minimum antar meja kerja analis

 

2 komentar:

  1. Menarik sekali artikel diatas...
    Bila berkenan, sekiranya saya bisa di bantu tuk standar bangunan laboraotorium, sehubungan karena di kantor kami akan membangun gedung laboratorium.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya' Allah bisa bantu jika untuk laboratorium lingkungan.....

      Delete

 
Copyright © . infolabling Anwar Hadi - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger