Thursday 15 January 2015

Persyaratan Wadah Sampel Lingkungan

Ditulis Oleh : cak war | Anwar Hadi
Persyaratan Wadah Sampel Lingkungan

Akan sangat mengecewakan bila setelah melakukan pengambilan sampel yang mungkin telah membuat petugas pengambil sampel lelah dan kotor, setelah dibawa ke laboratorium ternyata bahwa “jenis wadah” yang digunakan tidak memenuhi persyaratan dan harus mengulangi pengambilan sampel dengan jenis wadah yang baik dan benar sesuai persyaratan. Karena itu, petugas pengambil sampel harus mengetahui terlebih dahulu parameter lingkungan yang akan dianalisis dan menentukan berapa jumlah volume atau berat minimum sampel yang akan diambil sehingga dapat menentukan jenis dan ukuran wadah yang harus digunakan.

Wadah sampel dan cara pengawetan sampel merupakan satu kesatuan dan merupakan bagian penting dalam perencanaan pengambilan sampel lingkungan. Pemilihan wadah dan pengawetan yang salah akan menghasilkan data yang tidak akurat. Secara umum, wadah sampel yang digunakan harus memenuhi persyaratan antara lain:
a)    terbuat dari bahan gelas atau plastik (polypropylene, polyethylene, dan teflon) tergantung jenis sampel yang diambil;
b)   dapat ditutup dengan kuat dan rapat;
c)    mudah dicuci dari pemakaian sebelumnya;
d)   tidak mudah pecah atau bocor;
e)    tidak menyerap zat-zat kimia dari sampel;
f)    tidak melarutkan zat-zat kimia ke dalam sampel;
g)   tidak menimbulkan reaksi antara bahan wadah dengan sampel.

Adapun jumlah wadah yang harus dibawa ke lokasi pengambilan sampel harus disesuaikan dengan jumlah titik pengambilan sampel yang tertuang dalam dokumen perencanaan pengambilan sampel. Selain itu, juga harus dipertimbangkan jumlah wadah untuk keperluan pengendalian mutu di lapangan misalnya wadah untuk split sample, blanko peralatan, blanko lapangan, dan lain sebagainya.

Disamping jenis, ukuran, dan jumlah wadah yang harus di bawa ke lapangan, pencucian wadah (dekontaminasi) juga mutlak dilakukan. Pencucian wadah bertujuan untuk menghindari kontaminasi sampel dari wadah yang digunakan. Tanpa pencucian yang benar sesuai persyaratan, maka akan diperoleh hasil yang tidak valid.
 


1 komentar:

 
Copyright © . infolabling Anwar Hadi - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger